Kategori
Sains

Tipe Introvert Menurut Sains

Tipe Introvert Menurut Sains – Ketika membicarakan soal introvert, apa yang terlintas di kepalamu? Apakah kamu langsung terbayang orang-orang yang diam dan pemalu, atau mereka yang suka menyendiri dan sulit untuk bergaul dengan orang lain?

5d648e24cb014 - Tipe Introvert Menurut Sains

Introvert atau introver dalam KBBI merujuk pada orang yang tertutup. Namun masih banyak kesalahpahaman mengenai kepribadian ini. Konsep introvert dan ekstrovert pertama kali dikemukakan oleh Carl Jung. Menurut http://jeoleuro.com/ Ia mengatakan bahwa introvert merupakan orang yang butuh waktu sendiri untuk mengisi energi. Sementara ekstrovert adalah kebalikannya.

Tak hanya itu, menurut riset profesor psikologi di Wellesley College Amerika Serikat, terdapat empat tipe introvert di dunia ini. Semuanya memiliki ciri yang berbeda dan bahkan ada yang tampak seperti ekstrovert dari luar.

1. Introvert sosial

Tipe pertama adalah introvert sosial. Berbeda dengan anggapan banyak orang, tipe kepribadian yang satu ini terlihat seperti ekstrovert dari luar. Mereka tampak suka bersosialisasi, ramah, dan memiliki banyak teman.

Namun berkebalikan dengan figur yang mereka perlihatkan di luar, introvert sosial sebenarnya orang yang menyimpan hal pribadi untuk dirinya sendiri. Bahkan menurut penjelasan Psych2Go, tipe introvert ini adalah yang paling tertutup dari semuanya.

Melansir dari http://94.237.65.201/ Introvert sosial memang termasuk orang yang ramah. Akan tetapi berada di keramaian dan kelompok besar dalam waktu yang lama bisa menguras energinya. Ketika itu terjadi, mereka akan menarik diri untuk mendapatkan waktu sendirian.

2. Introvert pemikir (introspective introvert)

Dilansir The Private Therapy Clinic, introvert pemikir akan mengolah semua yang mereka dengar dan lihat. Tak jarang kamu akan menemukan mereka melamun. Padahal di saat itu, mereka sedang bermain-main dengan imajinasinya yang luas.

Introvert pemikir tidak keberatan untuk bersosialisasi, tetapi mereka jarang melakukannya karena lebih memilih menghabiskan waktu sendirian. Bukan hanya itu, orang lain sering kali sulit memahami para introvert pemikir. Sebab mereka memiliki jalan pikiran yang unik dan tidak suka menjelaskannya kepada orang lain.

3. Introvert terkendali (restrained introvert)

Dilansir Psych2Go, introvert terkendali adalah orang-orang yang suka merencanakan semua hal sebelum melakukannya. Mereka benci ketika ada orang yang membuatnya panik atau terburu-buru. Sebab tipe kepribadian ini cenderung memiliki hidup yang teratur dan sesuai rencana.

Sifat lain yang dimiliki oleh tipe introvert ini adalah mereka pendiam, perhatian kepada orang lain, dan tidak menyukai perubahan yang terjadi secara tiba-tiba. Mereka juga suka menghabiskan waktu sendiri, entah untuk membaca, menonton, atau berolahraga.

4. Introvert pencemas (anxious introvert)

Apakah kamu sering overthinking atau terlalu memikirkan apa yang kamu katakan atau perbuat di hadapan orang lain? Kemungkinan besar kamu termasuk ke dalam golongan introvert pencemas atau anxious introvert.

Dilansir The Cut, tipe introvert yang satu ini pada umumnya tidak pandai dalam bersosialisasi. Penyebabnya adalah mereka tidak pede dan sering merasa cemas ketika melakukannya.

Dilansir Psychology Today, jika kamu merasa dirimu adalah gabungan antara semua tipe di atas, itu wajar kok. Akan tetapi, pasti ada kecenderungan yang paling menggambarkan dirimu.

Misalnya, kamu merasa relate atau cocok dengan tipe introvert sosial. Akan tetapi di sisi lain, kamu juga merasakan kesamaan dengan introvert terkendali. Keduanya bisa ada di dalam dirimu. Namun pada umumnya, ada satu tipe kepribadian yang lebih menonjol daripada lainnya.