Kategori
Science Chemistry

Kimia Berbahaya di dalam Tap Water

Ketahui Bahan Kimia Berbahaya yang Ditemukan di dalam Tap Water

Kimia Berbahaya di dalam Tap Water – Air keran di pemukiman, tak semua steril dari racun yang berbahaya bagi tubuh. EWG mengidentifikasi ada 250 penyuplai yang airnya terkontaminasi, 160 diantaranya digunakan tanpa batas.

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, tidaklah sulit untuk menemukan tap water di beberapa sudut kota. Tap water terasa praktis karena kita bisa meminum air langsung dari keran untuk menghilangkan rasa haus. Selain itu, tap water juga digemari karena kita tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk meminum air.

Namun, ternyata ada bahaya tersembunyi di balik tap water! Seberapa berbahaya dan apa akan mengganggu kesehatan kita? Let’s find the answer here!

1. Terdapat kandungan klorin di dalamnya

Tahukah kamu bahwa klorin juga ditemukan di air dalam fasilitas tap water? Klorin memiliki efek negatif, seperti merusak fungsi normal sistem pernapasan, menyebabkan mual, muntah, koma bahkan kematian! Menurut US Council of Environmental Quality, risiko kanker akan meningkat hingga 93 persen pada orang yang meminum air dengan kandungan klorin di dalamnya.

2. Ada kemungkinan tap water mengandung merkuri

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kandungan merkuri pada air di tap water. Sama seperti timbal, merkuri juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Penelitian dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) menunjukkan bahwa merkuri bisa menyebabkan atrofi otot, sakit kepala, kecacatan kognitif dan ruam kulit.

3. Ada pula kandungan perklorat di dalamnya

Masih banyak lagi bahan kimia yang ditemukan di dalam tap water. Yakni perklorat, bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan roket, kembang api dan flare. Namun, akan membahayakan bila diminum oleh manusia karena bisa menyebabkan kerusakan tiroid, paru-paru, komplikasi organ dalam dan anemia aplastik.

4. Bisa jadi, mengandung berbagai zat radioaktif!

Waspadai, karena ditemukan zat radioaktif di dalam tap water! Zat ini antara lain adalah uranium, radium, thorium dan radon. Tap water yang mengandung radium ditemukan di Texas, AS. Padahal, paparan radium dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan kanker tulang, kanker paru-paru, kulit, hati, ginjal, lambung dan tiroid, ungkap laman Business Insider. Wah, serem banget!

5. Berdasarkan penelitian, ada kandungan dioksin di tap water!

Terakhir, ditemukan kandungan dioksin pada fasilitas tap water. Ini adalah racun berbahaya yang dilepaskan selama proses pembakaran, seperti asap pada kebakaran hutan atau rokok. Dioksin memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan manusia dan menyebabkan kerusakan sistem reproduksi, sistem saraf, endokrin dan sistem imun kita.

Nah, itulah beberapa bahan kimia berbahaya yang ditemukan di dalam tap water. Sayang sekali, padahal tap water sangat bermanfaat, ya!