Kategori
Sains

Jenis Penghargaan Dunia Untuk Ilmuwan Sains

Jenis Penghargaan Dunia Untuk Ilmuwan Sains

Jenis Penghargaan Dunia Untuk Ilmuwan Sains 300x153 - Jenis Penghargaan Dunia Untuk Ilmuwan Sains

Maka banyak orang dunia ini yang telah mencurahkan usaha, pikiran, dan pekerjaan mereka untuk kepentingan orang banyak. Mereka adalah ilmuwan, ahli medis, atlet, ahli ekonomi, sastrawan, pengajar, dan lain sebagainya. Menurut http://jeoleuro.com/ sebagai bentuk apresiasi terhadap tugas dan pengabdian mereka, dunia telah mengeluarkan beberapa penghargaan bergengsi.

Lasker Award

Melansir dari http://94.237.75.85 dalam The American Association of Immunologists, sebuah penghargaan bernama Lasker Award berikan pada ilmuwan bidang riset medis sejak lama. Awalnya, penghargaan ini  oleh Yayasan Albert and Mary Lasker sebagai pengakuan akan kontribusi ilmuwan bidang medis atau kesehatan masyarakat. Saat ini, Lasker Award memiliki empat kategori penghargaan yang berbeda, yakni riset dasar medis, riset medis klinis, pelayanan publik, dan penghargaan khusus.

Wolf Prize

Wolf Prize adalah salah satu penghargaan bergengsi dunia yang banyak berikan pada ilmuwan dan semua ahli yang berkontribusi bagi banyak orang. Wolfram Mathworld dalam lamannya mencatat bahwa dalam setahun ada lima atau enam penghargaan yang berikan pada ilmuwan dan seniman yang mengabdikan hidupnya untuk memajukan peradaban.

Abel Prize

Ada sebuah penghargaan dunia yang khususkan bagi ilmuwan matematika, yakni Abel Prize. Dalam laman resminya, penghargaan ini berikan setiap lima tahun untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang berjasa dalam bidang matematika. Yayasan Niels Henrik Abel didirikan oleh pemerintah Norwegia dan pendirian yayasan resmi ini terinspirasi oleh Niels Abel.

Breakthrough Prize

Seperti dalam laman resminya, Breakthrough Prize adalah penghargaan dunia khusus bidang sains. Dalam bahasa kekinian, penghargaan ini juga juluki sebagai Oscars of Science. Bukan tanpa sebab, meskipun Breakthrough Prize tergolong sebagai penghargaan baru, apresiasinya terhadap ilmuwan anggap menjadi yang tertinggi bandingkan jenis penghargaan lainnya.

Hadiah Nobel

Tentunya kita semua tahu dan pernah mendengar tentang Hadiah Nobel atau Nobel Prize. Pemberian Hadiah Nobel ini ternyata punya sejarah yang cukup panjang. Maka Britannica, pada, seorang ilmuwan bernama Alfred Nobel. Menginstruksikan dan membuat wasiat agar kekayaannya sumbangkan pada ilmuwan yang berkontribusi besar bagi sains.