Kategori
Sains

Jawaban Sains: Menyingkap Misteri Segitiga Bermuda!

Jawaban Sains: Menyingkap Misteri Segitiga Bermuda!

Jawaban Sains: Menyingkap Misteri Segitiga Bermuda! – Banyak orang yang menghubungkan tragedi ini dengan hal-hal mistis. Bahkan, ada yang percaya bahwa Segitiga Bermuda adalah jalan menuju dunia lain.

Namun, bagaimana sains menanggapi hal tersebut? Apakah kejadian-kejadian aneh di sana memang disebabkan oleh kekuatan supe-rnatural? Apa benar Segitiga Bermuda adalah markas alien?

Dilansir laman https://slotpragmatic.asia, Kali ini sains berusaha menjawab secara gamblang dan objektif sesuai dengan realita yang ada. Yuk, disimak!

1. Ada disinformasi mengenai Segitiga Bermuda yang sudah terlanjur dipercaya banyak orang

Hampir semua ilmuwan dan akademisi sepakat bahwa Segitiga Bermuda tak ubahnya dengan wilayah lain di muka Bumi. Kawasan tersebut merupakan kawasan perairan lepas pantai dengan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Studi juga mengungkap bahwa informasi yang didapatkan mengenai kabar di Segitiga Bermuda juga sangat bervariasi, tergantung media mana yang kita baca. Nah, jika sudah begini, kita akan sangat kesulitan untuk mendapatkan informasi yang benar-benar akurat mengenai kejadian “mistis” yang ada di Segitiga Bermuda.

Bahkan, bukan tidak mungkin terdapat disinformasi dalam hal ini. Penyampaian informasi mengenai Segitiga Bermuda sengaja dibesar-besarkan untuk menarik minat dari banyak orang. Padahal, kalangan ilmuwan justru mendapati hal-hal yang wajar di kawasan berbahaya tersebut.

2. Awal mula munculnya sebutan Segitiga Bermuda

Jika ditanya siapa yang harus bertanggung jawab atas kehebohan mengenai berita Segitiga Bermuda, maka orang tersebut pastilah Vincent Gaddis, seorang paranormal sekaligus penulis populer mengenai cerita-cerita fiksi dan misteri.

Ia pertama kali menggunakan istilah Bermuda Triangle dalam majalah berjudul Argosy yang diterbitkan pada 1964 lalu di Amerika Serikat.

Nah, rupanya, kesuksesan Vincent dalam meramu cerita fiksi sangat berpengaruh pada ketenaran cerita Segitiga Bermuda yang telah ia ciptakan sebelumnya. Buktinya, seorang fanatik paranormal bernama Charles Berlitz juga sukses menerbitkan buku berjudul The Bermuda Triangle pada 1974.

3. Memang ada beberapa kecelakaan di sana, namun kisah dan jumlahnya terlalu dilebih-lebihkan

Di wilayah Segitiga Bermuda pernah beberapa kali terjadi kecelakaan yang konon katanya misterius dan tak terungkap. Salah satu kejadian misterius adalah hilangnya kapal kargo Amerika Serikat bernama USS Cyclops pada Maret 1918.

Kapal besar tersebut membawa 300 awak kapal dan 10 ribu ton perbekalan di dalamnya. Ya, USS Cyclops tercatat telah dinyatakan tenggelam tanpa panggilan darurat.

Ada juga kisah tentang lenyapnya awak kapal Mary Celeste pada 1872 yang konon bersinggungan dengan hal-hal mistis dan supernatural. Pada 1952 juga pernah diberitakan bahwa penerbangan British York yang mengangkut 33 penumpang menghilang secara misterius di kawasan Segitiga Bermuda.

4. Penjelasan sains mengenai kecelakaan di Segitiga Bermuda

Semua kejadian aneh dan kecelakaan yang terjadi di Segitiga Bermuda dapat dijelaskan secara ilmiah. Salah satu peristiwa yang menghebohkan publik pada era 1800-an adalah hilangnya awak kapal Mary Celeste. Padahal, kapal dalam kondisi utuh dan baik-baik saja. Rupanya, ilmuwan sudah memecahkan misteri yang pernah menghebohkan dunia ada abad ke-19 tersebut.

Seorang ilmuwan dari University College London telah membuat studi dan penelitian yang mendalam mengenai hilangnya awak kapal Mary Celeste. Andrea Sella, seorang doktor sekaligus fisikawan telah bereksperimen mengenai kapal Mary Celeste dan dihasilkan kesimpulan ilmiah bahwa kapal pernah mengalami ledakan uap alkohol.

5. Jadi, bagaimana kesimpulannya?

Ada beberapa kesimpulan ilmiah yang mampu menjawab dan menyingkap misteri Segitiga Bermuda yang selama ini dipercaya sebagai wilayah supernatural, yakni:

Kawasan Segitiga Bermuda adalah kawasan yang sama saja dengan kawasan lainnya yang ada di belahan dunia mana pun. Banyak ilmuwan dan akademisi yang sudah mengonfirmasi akan hal ini.Istilah Bermuda Triangle justru dipopulerkan oleh seorang penulis paranormal asal Amerika Serikat pada 1964.

Kejadian dan kecelakaan yang terjadi di Segitiga Bermuda cenderung dibesar-besarkan dan dibumbui oleh media, sehingga mengaburkan beberapa fakta yang ada. Buktinya, jumlah kecelakaan di Segitiga Bermuda masih sangat sedikit dibandingkan jumlah kecelakaan di wilayah lain.

Semua kecelakaan yang terjadi di Segitiga Bermuda dapat dijelaskan secara ilmiah dan mendasar. Semuanya itu juga tidak berkaitan dengan hal-hal mistis sama sekali.

Badai laut juga kerap terjadi dan akan mengakibatkan munculnya gelombang tsunami di tengah lautan lepas. Nyatanya, cuaca ekstrem seperti ini juga sering kali muncul di wilayah -wilayah lautan lainnya. So, belajarlah untuk berpikir cerdas dan kritis. Jangan mudah untuk menyimpulkan sesuatu tanpa data dan kajian ilmiah yang jelas.

***

Itulah beberapa jawaban dan penjelasan dari sains mengenai misteri yang ada di Segitiga Bermuda. Semoga penjelasan sains tadi dapat membuatmu terbuka dan menambah pemahaman baru terhadap objektivitas, ya!