Kategori
Kimia

Fakta Enzim Pemeran Seluruh Reaksi Kimia

Fakta Enzim Pemeran Seluruh Reaksi Kimia

Tahukah kamu bahwa setiap hari terjadi proses pembentukan dan pemecahan senyawa ke dalam tubuh yang tidak terhitung banyaknya atau mengenal juga dengan istilah reaksi kimia organis. Fakta Enzim Pemeran Seluruh Reaksi Kimia adanya protein yang menamakan dengan Enzim dalam tubuh kita. Maka Enzim berperan besar dalam mempercepat suatu reaksi kimia organik hingga beberapa ratus kali lebih cepat.

Fakta Enzim Pemeran Seluruh Reaksi Kimia - Fakta Enzim Pemeran Seluruh Reaksi Kimia

Menurut http://jeoleuro.com/, apabila tidak ada Enzim maka suatu reaksi bisa saja tidak akan pernah terjadi sama sekali. Hal ini membuat Enzim menjadi penting untuk mempelajari oleh para peneliti agar Enzim dapat memanfaatkan dengan lebih baik. Pada artikel kali ini, IDN Times akan membahas fakta-fakta seputar Enzim yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Bersifat spesifik

Melansir dari https://103.55.37.23/, dalam tubuh terjadi banyak reaksi kimia organik dalam jumlah yang banyak dan hampir semua reaksi tersebut melibatkan Enzim. Namun, satu jenis Enzim hanya dapat menggunakan untuk satu jenis reaksi saja, oleh karena itulah Enzim mengenal memiliki sifat yang spesifik.

Bayangkan saja, ada ratusan atau bahkan ribuan reaksi yang terjadi dalam kita, itu artinya membutuhkan ribuan jenis Enzim juga ke dalam tubuh. Maka jumlah Enzim ke dalam tubuh manusia yang saat ini sudah ketahui adalah 1300 jenis. Enzim ini memainkan peran penting dalam metabolisme dan kerja tubuh kita akan terganggu jika ada satu saja Enzim yang menghilang.

Bekerja sebagai katalis

Enzim bekerja dengan mempercepat suatu reaksi kimia atau istilahnya sebut katalis. Senyawa awal yang bereaksi dengan Enzim menyebut sebagai substrat, kemana substrat ini akan menggubah menjadi produk. Enzim mampu mempercepat terjadinya suatu reaksi dengan menurunkan energi aktivasi yang membutuhkan sehingga reaksi pun dapat terjadi dengan lebih cepat.

Menemukan pada seluruh bagian tubuh

Enzim memegang peranan penting dalam tubuh atau bahkan dapat katakan tidak ada reaksi dalam tubuh yang berjalan tanpa adanya Enzim. Setiap bagian tubuh yang berbeda menghasilkan jenis Enzim yang berbeda juga, selain itu setiap makhluk hidup mampu menghasilkan jenis Enzim yang berbeda-beda juga.