Kategori
Science Chemistry

Bahan Kimia Berbahaya dalam Sabun

Bahan Kimia Berbahaya dalam Sabun

Bahan Kimia Berbahaya dalam Sabun, – Sabun jadi produk harian yang pasti kita gunakan selama kita hidup. Tapi tahukah Shonet Babes ada beberapa bahan kimia berbahaya yang terkandung dari sabun.

Bukannya anti sabun, tapi dengan kita tahu bahan toxic ini diharapkan kita lebih dan mindful sebagai konsumen. Sebelum membeli sabun, sebaiknya liat komposisi di dalamnya.

Karena bisa jadi itu salah satu penyebab penyakit kulit yang sering kita alami. Bahan Kimia sintetis yang harus diwaspadai:

Sodium Lauryl Sulfate

c4a8a800 80a7 4512 9797 34aaf4593111 1566296896 - Bahan Kimia Berbahaya dalam SabunBahan surfaktan ini punya saudara, SLS, SLES. Dan bahan ini ditemukan di lebih dari 90% produk personal care hingga pembersih, karena bahan ini adalah bahan pembusa. Tidak ada bahan ini artinya tidak ada busa yang kuat di produk-produk tersebut.

Bahan ini tergolong korosif atau mengikis lapisan pelindung kulit kita, bahkan ada studi yang membuktikan bahwa bahan ini bisa masuk hingga jauh ke dalam jaringan kulit dan organ.

Residunya akan tersimpan di jaringan kulit dan organ kemudian menyebabkan inflamasi terutama pada kulit. SLS juga menyerupai efek hormon-hormon tertentu di tubuh yang akan menyebabkan ketidakseimbangan hormone dan membuat tubuh memproduksi hormone estrogen lebih banyak lagi yang bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan ovarian.

Memang rasanya sulit untuk terhindar dari pemanfaatan produk yang mengandung SLS, namun pilihlah produk yang memiliki kandungan Sodium Lauryl Sulfate dibawah 2% demi menghindari bahaya dan efek negatifnya.

Methylparaben

e4ff8bc0 d3bb 4c09 aaff 00d12d85efc2 1566297060 - Bahan Kimia Berbahaya dalam SabunBahan yang bisa dibilang paling momok di bahan toxic di personal care dan kosmetik ini bisa menyebabkan perubahan biochemical atau perubahan hingga ke level sel dan mengganggu sistem endokrin.

Bahan ini dipakai sebagai pengawet dan juga anti-fungi dan jamur. Memang konsentrasi dalam produk biasanya tidak banyak hanya mencapai 1%, tapi jika dipakai berulang-ulang bukankah bisa menumpuk di dalam tubuh?

Fragrance

fcf1d504 2070 4f7e 81d7 7e380f8e01ef 1566297201 - Bahan Kimia Berbahaya dalam SabunJika Shonet Babes lihat bagian komposisi, sudah bisa dipastikan label fragrance ada di setiap produk. Tidak hanya sabun tapi hampir seluruh produk personal care.

Tahukah kamu apa yang terkandung di balik fragrance? Nyatanya banyak kandungan rahasia yang tidak dibuka oleh perusahaan pada konsumen.

Kita sudah terdoktrin dengan pola pikir bersih itu wangi atau sehat itu wangi sedangkan tidak tahu ada apa dibalik wewangian itu.

Menurut EWG, rata-rata komposisi fragrance mengandung 14 komposisi rahasia yang tidak tercantum di label produk. Serta banyak diantaranya toxic terhadap manusia & lingkungan. Hingga 80% dari bahan tersebut tidak dites keamanannya untuk produk personal care.

Tapi kenapa diperbolehkan?

Bahan ini jadi salah satu celah yang tidak wajib atau tidak perlu mendapat pengecekan dengan regulasi ketat.

Menurut Fair Package and labeling Act 1966 fragrance/ perfume dianggap sebagai komoditas rahasia agar resep produk tidak mudah dicontoh pihak lain.

Seringkah kita merasa mual, pusing atau tidak nyaman dari aroma perfume berlebihan? Itu jadi tanda kalo Shonet Babes sensitif terhadap fragrance. Efek dari fragrance bisa bermacam mulai dari kulit sensitif, alergi, asma hingga kanker, diabetes dan obesitas.