Kategori
Kimia

Belajar Kimia Ini Yang Menggunakan Simbol Bahan Kimia

Belajar Kimia Ini Yang Menggunakan Simbol Bahan Kimia

Belajar Kimia Ini Yang Menggunakan Simbol Bahan Kimia– Laman berita BBC memberitakan bahwa ledakan dahsyat yang terjadi pada Kota Beirut, Lebanon. Telah menewaskan 135 korban jiwa dan 4.000 orang luka-luka. Otoritas Lebanon menyatakan bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh 2.750 ton zat kimia amonium nitrat yang kemungkinan menyimpan secara tidak aman pada sebuah gudang penyimpanan. Amonium nitrat sendiri merupakan zat kimia yang biasanya berupa kristal putih padat yang dapat dengan mudah larut secara alami. Selain menggunakan untuk pupuk kimia, zat kimia ini juga dapat menggunakan sebagai bahan bakar minyak dan bahan peledak yang menggunakan untuk keperluan pertambangan dan industri.

images?q=tbn:ANd9GcT4 8rcVoWiaD JXI4yf8FNWF4iuVI3Fiz40A&usqp=CAU - Belajar Kimia Ini Yang Menggunakan Simbol Bahan Kimia

Mudah meledak (explosive)

Simbol kimia seperti yang kita lihat merupakan simbol kimia yang artinya bahan mudah meledak. Bisa juga maksudnya sebagai zat kimia yang dapat memicu ledakan. Ledakan yang menghasilkan mungkin bisa menyebabkan oleh banyak sebab, misalnya guncangan, suhu, benturan, percikan api, dan sebab lain seperti reaksi kimia.

Mudah terbakar (flammable)

Melansir dari http://auzom.gg/ ada juga zat kimia yang mudah terbakar. Biasanya, zat kimiawi macam ini dapat terbakar akibat beberapa penyebab yang bahkan bisa mengakibatkan sepele. Laman sains NCBI mencatat beberapa jenis zat kimia mudah terbakar, antaranya acetone, butanol, etanol, alkohol, metanol, propanol, dan masih banyak lagi.

Mudah teroksidasi (oxidizing)

Jika kamu melihat gambar yang sering kalian lihat, itu artinya zat kimia yang mudah teroksidasi. Atau mudah menguap dan dapat menimbulkan ledakan. Oksidasi dapat terjadi akibat reaksi kimia yang mengakibatkan pada saat zat kimia bersinggungan langsung. Dengan udara, panas, percikan api, dan senyawa kimiawi lainnya.

Zat kimia beracun (toxic)

Seperti mencatat dalam laman sains ThoughtCo, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS. Zat kimia beracun dapat seluruh bahan atau zat kimia yang dapat menimbulkan efek berbahaya. Bagi lingkungan dan tubuh organisme yang melakukan kontak dengan zat tersebut. Biasanya, zat kimia beracun akan menimbulkan dampak yang membahayakan kesehatan manusia jika terhirup, tertelan, atau diserap oleh kulit.